Home UlasanAsuransi Kendaraan
Jurnal Allianz , Asuransi Kendaraan , 17 Sep 2015

Apakah yang membedakan manfaat TLO dan komprehensif dalam asuransi kendaraan? Berikut pembahasan lengkapnya.

Apa yang Membedakan Asuransi Kendaraan TLO dan Comprehensive?

TLO merupakan singkatan dari Total Lost Only. Asuransi kendaraan jenis TLO hanya dapat melindungi kerugian akibat kehilangan atau kerusakan kendaraan yang melebihi 75% dari harga pasar.

Sedangkan asuransi kendaraan jenis Comprehensive merupakan perlindungan atas risiko kerugian kendaraan mulai dari kerusakan kecil hingga total, sesuai cakupan pertanggungan yang tertulis di dalam polis.

Apakah Merek, Tipe, Tahun Pembuatan dan  Harga Kendaraan Mempengaruhi Biaya Premi?

Spesifikasi kendaraan Anda, yakni merek, tipe, tahun pembuatan dan harga kendaraan akan mempengaruhi tarif premi asuransi kendaraan. Hal-hal tersebut merupakan pertimbangan perusahaan asuransi dalam mengidentifikasi risiko.

Lantas Bagaimana Dengan Wilayah, Apakah Turut Mempengaruhi Juga? Bagaimana Perhitungannya?

Perbedaan wilayah dimana kendaraan berada juga mempengaruhi perbedaan penentuan tarif premi.  Pembagian wilayah dibagi menjadi 3 bagian yaitu Region 1 meliputi wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya, Region 2 meliputi Jakarta, Jawa Barat dan Banten dan Region 3 meliputi wilayah diluar yang termasuk region 1 dan 2

Apakah Risiko Terhadap Bencana Alam dan Huru-Hara Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi?

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua risiko sudah termasuk di dalam polis utama Anda. Ada beberapa risiko yang berada di dalam kategori perluasan perlindungan, seperti bencana alam, huru-hara, tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability), kecelakaan diri, dan biaya perawatan jika terjadi kecelakaan, personal efek yang  menjamin kehilangan barang-barang pribadi Anda yang turut hilang saat kendaraan ada dicuri. Untuk tambahan perlindungan risiko tersebut Anda akan dikenakan biaya premi tambahan.

Adakah Hal Lain yang Perlu Diperhatikan dalam Asuransi Kendaraan?

Nah, yang paling utama harus anda perhatikan adalah jumlah pertanggungan (sum insurd) Anda mencukupi atau sesuai dengan niai pertanggunan di pasar (market value) selama masa pertanggungan. Serta pastikan tarif premi yang Anda pilih sesuai dengan manfaat perlindungan yang Anda butuhkan serta kemampuan finansial Anda. Jangan tertipu dengan tawaran tarif premi yang lebih murah, sebab belum tentu mencakup perlindungan atas risiko yang Anda inginkan.  

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?