Home UlasanAsuransi Perjalanan
Allianz Indonesia , Asuransi Perjalanan , 12 Jan 2016

Asuransi perjalanan seringkali dilupakan, padahal risiko bisa datang kapan saja dan di mana saja. Agar selalu ingat untuk menggunakan asuransi perjalanan, coba asuransi perjalanan tahunan.

1. Apa yang dimaksud dengan Asuransi Perjalanan Annual?

Asuransi Perjalanan Annual (Tahunan) adalah asuransi perjalanan yang dirancang untuk mereka yang rutin melakukan perjalanan atau setidaknya berpergian lebih dari 3 kali dalam 1 tahun. Periode polis asuransi ini berlaku selama satu tahun. Artinya, selama satu tahun, kita akan secara otomatis terjamin oleh perlindungan saat melakukan perjalanan. Namun, setiap perjalanan durasinya dibatasi, maksimal 90 hari untuk satu perjalanan.

 

2. Apa saja perbedaan antara asuransi perjalanan yang kita beli setiap perjalanan (misal: bundling dengan maskapai) dengan asuransi perjalanan annual?

Perbedaan kedua produk ini hanya terletak pada masa perlindungannya. Asuransi Perjalanan Annual akan melindungi setiap perjalanan yang kita lakukan dalam waktu satu tahun. Sementara asuransi perjalanan single trip hanya melindungi kita untuk satu perjalanan. Apabila kita ingin melakukan perjalanan lagi, kita harus kembali membeli asuransi perjalanan single trip.

 

3 .Mana yang lebih direkomendasikan dan lebih menguntungkan, asuransi perjalanan yang dibeli saat akan melakukan perjalanan atau annual? Mengapa?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat pada kebutuhan kita. Apabila kita tidak rutin melakukan perjalanan atau kita bepergian kurang dari 3 kali dalam rentang waktu satu tahun, maka lebih baik membeli Asuransi Perjalanan Single Trip karena lebih praktis dan ekonomis dari sisi biaya. Sedangkan jika kita bepergian minimal 3 kali dalam setahun, maka Asuransi Perjalanan Annual sangat disarankan.

 

4. Bagaimana cara klaim asuransi perjalanan annual?

Klaim pada Asuransi Perjalanan Annual dengan Asuransi Perjalanan Single Trip kurang lebih memiliki proses yang sama. Kita harus melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan untuk dibawa saat mengajukan klaim, sepulang dari perjalanan. Misalnya untuk kasus bagasi yang hilang, pertama-tama kita  harus segera melapor ke perusahaan asuransi. Selanjutnya kita melengkapi bukti kehilangan dengan meminta keterangan dari polisi atau petugas keamanan setempat.

Setelah hal-hal tersebut dilakukan, sepulangnya kita dari perjalanan, kita perlu melengkapi bukti-bukti tambahan seperti nota pembelian, bukti foto atau dokumen pendukung lain. Dari sini, perusahaan asuransi akan memproses klaim yang kita lakukan dalam beberapa hari kerja.

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?