Home UlasanAsuransi Jiwa Konvensional
Jurnal Allianz , Asuransi Jiwa Konvensional , 05 Feb 2015

Tips berikut dapat membantu para keluarga muda yang sedang merencanakan masa depan, untuk menentukan produk asuransi mana yang akan menjadi prioritas kebutuhan.

Beragam jenis produk asuransi yang ditawarkan umumnya mempunyai manfaat yang beragam. Hal ini karena kebutuhan asuransi bagi orang yang belum berkeluarga dan sudah berkeluarga juga berbeda-beda. Dengan begitu, kita harus dapat mengenali kebutuhan dan mulai membuat prioritas manfaat asuransi apa yang paling penting untuk dimiliki. 

Tips berikut dapat membantu para keluarga muda yang sedang merencanakan masa depan, untuk menentukan produk asuransi mana yang akan menjadi prioritas kebutuhan:

 

  1. Asuransi Jiwa

Tidak ada yang lebih penting daripada jiwa orang yang menjadi sumber penghasilan dalam keluarga. Karena kitalah yang bekerja dan berpenghasilan, tentunya jiwa yang menjadi sumber penghasilan tersebutlah yang harus dilindungi terlebih dulu. Karena jika terjadi risiko kepada orang yang menjadi sumber penghasilan, dampaknya finansialnya akan dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Tujuan utama dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan bagi orang-orang yang secara finansial memiliki ketergantungan finansial kepada orang lain (sumber penghasilan). Oleh karenanya, kepala keluarga yang umumnya merupakan sumber penghasilan keluarga, adalah yang pertama kali harus dilindungi oleh asuransi jiwa.

 

  1. Asuransi Kesehatan

Para kepala keluarga yang bekerja di dalam perusahaan biasanya mendapat pertanggungan asuransi kesehatan bagi dirinya dan keluarga. Sedangkan bagi kepala keluarga yang tidak bekerja bagi suatu perusahaan, mereka akan membeli sendiri perlindungan asuransi kesehatan yang dimilikinya.

Asuransi kesehatan memberikan penggantian biaya perawatan dan pengobatan berdasarkan rencana manfaat (plan) yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Dalam suatu rencana manfaat akan diberikan batasan maksimum jumlah penggantian, yang bisa kita peroleh dalam satu periode masa berlaku polis. Dengan terus meningkatnya biaya perawatan kesehatan, memiliki asuransi kesehatan akan sangat terasa manfaatnya.

 

  1. Asuransi Properti (Tempat Tinggal)

Bagi kebanyakan keluarga baru, memiliki tempat tinggal sendiri seakan merupakan kewajiban yang harus segera dipenuhi. Salah satu alasan yang sering kita dengar adalah “Kalau tidak secepatnya, kapan lagi? Harga rumah/ apartemen makin lama semakin mahal!” Anggapan seperti ini seringkali membuat seseorang bertindak tanpa perhitungan untuk menggunakan seluruh tabungannya untuk membayar uang muka tempat tinggal, membiarkan diri dan keluarganya tidak memiliki dana cadangan untuk kebutuhan darurat. Nah, tentunya kalau sudah begini kita tidak berharap sesuatu yang buruk terjadi pada tempat tinggal kita kan? 

Asuransi properti memberikan manfaat ganti rugi finansial untuk kerusakan fisik dan barang-barang (perabotan) yang berada di dalam properti tersebut. Jumlah penggantian didasarkan pada beberapa faktor yang memang sudah ditentukan sebelumnya antara pihak asuransi dengan nasabahnya. Pada umumnya, premi asuransi tempat tinggal sangatlah terjangkau. Sehingga asuransi properti dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk asuransi yang paling mudah untuk dibeli, dan manfaatnya dapat sangat dibutuhkan ketika musibah terjadi menimpa properti kita.

 

  1. Asuransi Kendaraan

Tinggal di kota besar, khususnya Jakarta menuntut banyak pasangan muda untuk segera memiliki kendaraan pribadi. Meskipun kondisi jalan sudah sangat padat, banyak pihak beranggapan lebih baik macet-macetan di dalam mobil pribadi dengan AC dan musik dibanding berdesak-desakan di angkutan umum yang belum memadai. Yang perlu diingat, mengendarai mobil merupakan sebuah aktivitas yang berisiko tinggi. Oleh karenanya, diperlukan perlindungan asuransi mobil yang luas, yang tidak hanya melindungi mobil saja, tetapi juga melindungi pengendara, penumpang, barang bawaan sampai kepada kemungkinan adanya kewajiban terhadap pihak ketiga.

Karena manfaatnya sangat bervariasi, penting bagi calon nasabah untuk memahami betul berbagai manfaat yang ditawarkan dan juga berbagai syarat dan ketentuan maupun pengecualian yang ada. Memiliki asuransi kendaraan bisa sangat diarasakan manfaatnya, karena kini banyak asuransi yang menawarkan proses klaim yang mudah dan cepat, serta bekerja sama dengan jaringan mitra bengkel yang memiliki reputasi bagus.

 

  1. Asuransi Pendidikan

Bagi pasangan muda yang segera memiliki buah hati, pikiran mengenai rencana pendidikan anak tentu tidak luput dari pertimbangan ketika merencanakan kehidupan ke depan. Banyak pasangan yang masih mengandalkan tabungan berjangka pendidikan yang menawarkan bunga khusus sebagai pilihan untuk menginvestasikan dana untuk pendidikan anak. Namun, asuransi pendidikan juga bisa dilirik sebagai alternatif yang sangat baik untuk hal tersebut.

Asuransi pendidikan memungkinkan pemegang polisnya untuk merencanakan pencairan dana di titik-titik waktu tertentu selama periode polis asuransi berlaku. Sehingga misalnya ketika anak akan masuk Sekolah Dasar, sebagian manfaat uang pertanggungan yang sudah dialokasikan, dapat cair dan dipergunakan untuk biaya masuk sekolah. Nilai plusnya adalah jika kita sebagai orang tua terkena musibah atau risiko yang menyebabkan kita meninggal atau kehilangan produktivitas akibat cacat fisik, kita tidak perlu khawatir, karena uang pertanggungan dapat cair dan diterima oleh ahli waris dari pemegang polis.

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?