Home UlasanAsuransi Properti
Jurnal Allianz , Asuransi Properti , 16 Aug 2016

Membangun infrastruktur seperti gedung bertingkat, pabrik, atau jembatan layang pasti memiliki risiko. Untuk melindungi dari risiko ambruk, kebakaran, atau huru-hara pengerjaan proyek pasti dilindungi asuransi engineering. Namun, bagaimana jika kita ingin membangun rumah yang sederhana, bisakah mendapatkan perlindungan juga?

Asuransi Engineering Skala Kecil

Pembangunan infrastuktur yang marak di berbagai bidang memang menjadi ciri dari majunya sebuah negara, termasuk negeri kita ini.  Pembangunan dalam skala besar seperti gedung pencakar langit, jalan tol, pelabuhan, dan sebagainya tentu memiliki risiko seperti runtuhnya konstruksi, kebakaran, banjir, tanah longsor,  pencurian material pembangunan atau bahkan tuntutan dari pihak ketiga. Itulah mengapa pembangunan infrastruktur membutuhkan perlindungan dari  asuransi enginineering yang akan melindungi jika risiko terjadi. Asuransi engineering atau bahasa lainnya asuransi rekayasa, merupakan asuransi yang memberikan proteksi atas risiko dalam pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan, pemasangan peralatan-peralatan seperti mesin-mesin industri atau pembangkit listrik dan peralatan elektronik maupun beberapa resiko khusus pada saat beroperasi seperti jalan tol, pelabuhan, mesin-mesin dan peralatan elektronik.

Tahukah kamu bahwa asuransi engineering tak hanya menjamin risiko pembangunan skala besar tapi juga skala kecil seperti pembangunan rumah, toko, gudang bahkan gedung pertemuan warga RT/RW dan pembuatan taman-taman di lingkungan perumahan.

Bagaimana dengan premi yang dibayarkan? Apakah mahal? Premi dalam asuransi engineering ditentukan oleh *suku premi asuransi yang dikalikan dengan nilai proyeknya. Misalnya suku premi asuransi 0,1% dikalikan biaya pembangunan rumah senilai Rp500.000.000,- berarti preminya mencapai Rp500.000,-. Karena proyeknya dalam skala kecil, besaran premi pun menyesuaikan dan suku premi asuransi berbeda-beda antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya.

Meski asuransi engineering untuk skala kecil, namun manfaatnya sangat luas. Yakni   mencakup kerugian karena force majeur seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tanah longsor. Kemudian segala kerugian yang diakibatkan kesalahan manusia, seperti kelalaian, kebakaran, pencurian, kerusuhan, pemogokan dan huru-hara. Yang tak kalah penting kerugian pihak ketiga yang menyebabkan kerusakan benda, luka badan dan kematian yang diakibatkan secara langsung oleh pengerjaan proyek.

Untuk lebih jelasnya tentang Asuransi Engineering, silakan lihat video Kata Ahli di sini

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?