Home UlasanAsuransi Jiwa Konvensional
Jurnal Allianz , Asuransi Jiwa Konvensional , 17 Jan 2016

Pastikan untuk rutin mengkaji ulang polis asuransi, agar selalu sesuai dengan perubahan-perubahan dalam hidup dan tetap mendapatkan hasil yang optimal.

 

Membeli produk asuransi jiwa untuk memberikan perlindungan diri dan juga bagi orang-orang terdekat di masa depan adalah pilihan yang tepat. Kita menyisihkan pendapatan setiap bulannya secara berkala untuk membayar premi asuransi. Lewat pembayaran premi yang rutin inilah, diri kita terlindungi dari risiko kehidupan yang mungkin menimpa. Namun, selama periode polis asuransi berlangsung dapat terjadi hal-hal yang direncanakan maupun tidak, misalnya perubahan pada kondisi keuangan, adanya anggota keluarga baru, atau berkurangnya anggota keluarga karena meninggal dunia. Hal-hal tersebut tentu membuat asuransi jiwa yang sudah kita punya perlu disesuaikan dan dikaji ulang untuk memastikan manfaat yang diterima tetap maksimal.

Lantas hal apa yang sebaiknya dilakukan terhadap asuransi jiwa yang kita punya, dalam menghadapi kondisi-kondisi tersebut? Ada dua hal yang bisa kita lakukan, yaitu:

  1. Mengubah cakupan polis

Dengan mengubah cakupan polis, kita bisa menyesuaikan manfaat asuransi yang nantinya akan didapatkan. Hal ini sangat penting dilakukaan saat terjadi perubahan jumlah anggota keluarga kita. Misalnya saat kita baru saja memiliki anak. Tentu biaya untuk memenuhi kebutuhannya di masa mendatang akan meningkat. Untuk itu manfaat asuransinya harus disesuaikan.

  1. Menyesuaikan dengan kondisi ekonomi

Saat kondisi keuangan membaik atau pendapatan rutin meningkat, menambahkan alokasi premi seharusnya jadi pilihan yang dapat kita lakukan. Hal ini agar di masa mendatang, kita maupun ahli waris bisa mencukupi kebutuhan lewat manfaat asuransi yang didapat.

Perencanaan Asuransi yang ideal bisa merujuk pada Life Value Method. Perhitungannya adalah pendapatan kita selama satu tahun dikalikan dengan lamanya pendapatan tersebut bisa menopang hidup orang lain.

Dua hal tadi sangat penting untuk di pertimbangkan. Sehingga bisa memaksimalkan manfaat asuransi jiwa yang kita punya untuk menanggung risiko di masa depan.

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?