Home UlasanAsuransi Kendaraan
Jurnal Allianz , Asuransi Kendaraan , 02 Feb 2015

Bagaimana cara memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat serta produk yang benar-benar bermanfaat dan sesuai kebutuhan untuk melindungi kendaraan kita?

Bagi penduduk kota besar yang akrab dengan kemacetan, mobil merupakan teman setia di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu bersamanya. Mobil juga menjadi lambang kebanggaan (prestige) bagi sebagian orang. Tak heran, jika banyak orang sangat memperhatikan perawatan mobilnya agar selalu bersih, mulus dan mesinnya tokcer. Kebanyakan orang bahkan rela mengeluarkan kocek untuk modifikasi bodi maupun mesin. Kalau memang benar-benar sayang, maka sebaiknya kendaraan juga dilindungi oleh asuransi. Bingung bagaimana memilih perusahaan asuransi yang tepat dan produk yang benar-benar bermanfaat? 

Agar tidak salah pilih, berikut lima cara cepat memilih asuransi kendaraan yang bisa Anda terapkan.

  1. Kenali reputasi perusahaan

Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang akan dipilih mempunyai reputasi yang baik. Penilaian atas reputasi ini dapat kita lihat dari berbagai aspek seperti misalnya: apakah perusahaan tersebut banyak direkomendasikan oleh orang-orang terdekat kita? Lalu, apakah perusahaan tersebut memiliki rekam jejak yang baik? Apakah perusahaan tersebut banyak menerima keluhan dari nasabahnya di surat kabar?

Hal-hal seperti ini sedikit banyak bisa membantu kita yang awam terhadap asuransi. Baru setelahnya bagi kita yang mengerti mengenai aspek finansial, bisa memeriksa laporan keuangan perusahaan tersebut untuk melihat kekuatan modal dan kemampuannya membayar klaim.

Terakhir, barulah kita mengkaji produk dan pelayanan yang ditawarkan. Apakah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita? Jika kita sudah yakin dengan hal-hal tersebut maka membeli asuransi kendaraan akan terasa lebih nyaman.

       2.   Jangan berpatokan pada harga premi

Kita tentunya kenal dengan istilah “ada uang, ada barang”. Memang tidak dapat dipungkiri, untuk mendapatkan kualitas yang baik kita kerap kali harus mengeluarkan uang lebih banyak. Namun kita juga seringkali tergiur dengan penawaran asuransi yang menyebutkan bahwa dengan premi yang murah, namun manfaatnya tetap banyak. Siapa yang tidak tergiur? Ada baiknya kita memeriksa dengan teliti seluruh ketentuan yang diberikan di dalam polis. Biasanya dari situ akan terlihat bahwa sebenarnya banyak risiko-risiko yang dikecualikan, dan jika kita menginginkan perluasan manfaat maka diperlukan biaya tambahan. Ujung-ujungnya, uang yang kita keluarkan akan tetap mahal juga. 

  1. Menawarkan perluasan perlindungan (dengan tambahan premi)

Seperti disebutkan di atas, memang ada baiknya kita memilih produk asuransi yang memberikan banyak pilihan perluasan manfaat, agar perlindungan yang kita dapatkan benar-benar optimal.  Perluasan perlindungan yang ditawarkan pada umumnya  adalah perlindungan terhadap banjir, perawatan medis, pencurian, huru hara, bahkan ganti rugi pihak ketiga (third party liability). Tidak ada salahnya, membayar sedikit lebih mahal untuk mendapat manfaat yang maksimal. Namun, pastikan untuk membaca ketentuan dari masing-masing manfaat, sehingga kita mengetahui batas kompensasi yang akan didapatkan.

  1. Memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas

Pastikan juga perusahaan asuransi  yang akan dipilih memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas serta memiliki kualitas dan terlisensi yang baik. Dengan memiliki jaringan bengkel yang luas maka  kita mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk menentukan bengkel tempat mobil diperbaiki. Misalnya, lokasi mudah dijangkau, bengkel berlisensi dan memiliki standar perawatan dan suku cadang yang tinggi serta sesuai dengan jenis kendaraan  kita.

  1. Memberikan akses pelayanan yang lengkap

Akses pelayanan merupakan salah satu faktor penting yang harus menjadi pertimbangan kita. Misal, apakah perusahaan asuransi memiliki akses yang mudah dihubungi terutama saat keadaan darurat. Jadi saat membutuhkan informasi kita dapat dengan mudah menghubungi perusahaan asuransi. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki call center 24 jam.

Selain itu perusahaan asuransi kini juga banyak yang memberikan layanan keselamatan darurat di jalan raya, layanan derek gratis, dan lain sebagainya. Namun yang terpenting adalah pilih perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan layanan ketika kita akan mengajukan klaim. Banyak perusahaan asuransi yang kini bisa memproses klaim dalam satu hari sebelum kendaraan kita direferensikan ke bengkel rekanan yang kita pilih.

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?